Home   News   Siaga Ceria

Siaga Ceria

Pagi itu, pada tanggal 28 April 2017 siswa-siswi kelas 4 mengikuti Siaga Ceria di BUPERTA (Bumi Perkemahan dan Taman) Cibubur. Mereka tertib menggunakan atribut lengkap dan berbagai barang bawaan yang sudah diberitahukan sebelumnya guna mendukung setiap kegiatan siaga ceria disana.

Sesampainya di BUPERTA Cibubur, cuaca sangat terik. Tidak sedikit dari peserta yang merasa gerah dan panas namun hal itu tidak melunturkan semangat mereka untuk mengikuti urutan acara dari awal hingga akhir dengan tertib dan baik. Dalam kegiatan ini ada 3 pos yang harus diikuti oleh setiap peserta. Antara lain pos gereja, pos pengamatan, dan pos perpustakaan. Sebelum kegiatan pos tersebut dimulai, mereka diwajibkan untuk mengikuti upacara pembukaan serta diikuti dengan pelepasan burung dara.

Pos gereja

Di pos ini peserta diminta untuk menyusun ayat alkitab yang masih acak dilanjutkan menggunting gambar bentuk salib yang nantinya akan dibuat menjadi pembatas buku. Tentunya dihias pula dengan ayat alkitab yag sudah disusun dengan benar. Peserta juga diperbolehkan untuk menghias pembatas buku dengan pensil warna sesuka hati.

Pos pengamatan

Berbeda dengan pos sebelumnya, di pos ini peserta diminta mengamati sayur dan buah yang terdapat di piring selama 30 detik. Setelah itu piring tersebut ditutup menggunakan kain, kemudian setelah itu peserta diminta menuliskan apa saja yang telah diamati. Peserta wajib menuliskan 8 jawaban yang benar, kurang dari itu peserta tidak mendapatkan tanda tangan dari kakak pembina.

Pos perpustakaan

Pos terakhir, merupakan pos yang membutuhkan kejelian dan kerapian. Peserta diminta untuk menyampul buku dengan rapi. Setelah itu peserta diminta untuk memilah-milah antara tabloid, koran, dan majalah kemudian dimasukkan ke dalam keranjang sesuai dengan jenisnya.

Setelah siswa mampu melakukan aktivitas dengan benar di setiap pos, maka kakak pembina akan memberikan tanda tangan di kertas yang sudah disediakan. Di sekitar pos, juga disediakan aneka jenis permainan pramuka supaya peserta tidak bosan ketika menunggu pos yang sedang antri.

Akhirnya semua sesi telah berakhir, siswa berkumpul membentuk lingkaran kecil, duduk di rerumputan, untuk menikmati makan siang bersama. Kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan di lapangan siaga ceria.

Harapannya, setelah mengikuti siaga ceria ini, para siswa SDK2 Penabur dapat menjadi anak yang mandiri, tangguh, dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi permasalahan hidup ini.

Oleh : Galuh Maya Stephani (Guru BK)

 

Share