Home   News   Field Trip kelas 5 di Godong Ijo

Field Trip kelas 5 di Godong Ijo

Pada tanggal 15 Maret 2017 anak-anak kelas 5 berkunjung ke Godong Ijo, Depok. Mereka disambut oleh kakak-kakak pembimbing Godong Ijo yang sudah siap sedia menyiapkan snack pembuka yaitu pisang coklat dan teh manis hangat.

Melihat film global warming Diawal sesi, anak-anak berkumpul di sebuah ruangan yang cukup luas untuk menyaksikan pemutaran film bertema Global Warming. Setelah itu mereka diajak untuk membuat kompas sederhana dengan menggunakan jarum pentul dan magnet. Kakak pendamping menjelaskan tahap demi tahap cara membuat kompas. Pertama, fasilitator membagikan perlengkapan yang diperlukan kemudian memberikan contoh cara membuatnya lalu anak-anak diminta untuk mengikutinya. Wow, ternyata seru sekali bisa membuat kompas sendiri!

Membuat sabun mandi Selesai membuat kompas, anak-anak berlanjut ke pos membuat sabun mandi. Bahan yang diperlukan antara lain, minyak kelapa sawit, minyak jagung, soda api. Siswa diminta mengenakan pakaian bermain putih menyerupai jas laboratorium, kacamata, masker, dan sarung tangan plastik supaya tetap aman dalam melakukan eksperimen.

Merakit bel listrik Dalam sesi ini, kakak pembimbing memberikan penjelasan mengenai asal usul bel listrik dan bagaimana cara membuatnya. Disamping itu ada simulasi menyalakan bel listrik yang sudah dirakit.

Membuat tempe Bahan yang diperlukan untuk membuat tempe yaitu kedelai yang sudah direbus, ragi tempe, plastik untuk membungkus. Anak-anak dipandu dengan kakak pembimbing tampak antusias dalam membuat tempe. Karena sebagian besar dari mereka menyukai tempe!

Membuat detector banjir Percobaan kali ini cukup unik, yaitu membuat detector banjir. Alat yang diperlukan sudah disiapkan di meja masing-masing anak, seperti kabel, pipa kecil, gelas aqua, lampu led kecil. Berdasarkan instruksi yang diberikan kakak pembimbing, anak-anak berhasil membuatnya dengan baik dan rapi.

Membuat pesawat-pesawatan Anak-anak membuat pesawat yang berasal dari karton. Di kepala pesawatnya terdapat baling-baling yang sudah dihubungkan dengan kabel dan lampu. Hal ini ingin membuktikan bahwa angin juga salah satu sumber energi listrik. Nyatanya ketika pesawat tersebut didekatkan di depan kipas angin, baling-balingnya akan berputar dan lampu yang terdapat di ekor pesawat akan menyala. Keren!

Pulang dari Godong Ijo, anak-anak membawa banyak pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan.

 

by: Galuh Maya Stephani (Guru BK)

Save

 
    Calendar icon April 7, 2017 Category icon News

Share