Home   News   Aku Terampil Bermain Musik

Aku Terampil Bermain Musik

Apa manfaat bermain musik bagi anak?

Mungkin kita hanya melihat anak akan mampu melainkan sebuah lagu. Namun ternyata, manfaatnya lebih banyak dari itu. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kemampuan akademik.

Sepertinya tidak ada kaitan antara belajar musik dengan kemampuan akademik. Namun ternyata, lewat belajar musik anak mampu belajar berhitung, membagi ketukan, meningkatkan memori, dan juga beberapa konsep fisika.

  • Mengembangkan keterampilan fisik

Beberapa alat musik membutuhkan koordinasi antara gerakan tangan, kaki, dan juga anggota tubuh lainnya. Hal ini cocok dengan siswa yang memilki energi yang besar dan membutuhkan penyaluran energi. Selain itu, sifatnya menyenangkan sehingga anak tidak mudah jenuh.

  • Memupuk keterampilan sosial

Bermain musik secara berkelompok membutuhkan kerjasama dan komunikasi. Anak juga belajar untuk mematuhi guru yang memimpin jalannya sebuah grup musik. Dengan demikian, anak belajar untuk memiliki keterampilan sosial yang baik. Selain itu, bermain musik juga dapat membangkitkan perasaan nyaman dan dapat menjadi sarana untuk menyalurkan emosi. Jadi untuk anak-anak dengan tingkat agresivitas yang tinggi, bermain musik dapat menjadi saluran yang baik untuk release dengan cara yang tepat.

  • Melatih disiplin dan kesabaran

Dalam musik, tidak ada yang lebih diutamakan. Masing-masing harus berusaha untuk menahan diri. Bila belajar musik secara berkelompok, anak harus sabar menunggu giliran membunyikan atau berlatih alat musiknya. Beberapa alat musik juga membutuhkan kedisiplinan serta ketekunan yang tinggi dalam memainkannya. Dengan demikian, anak belajar untuk melatih disiplin dan kesabaran saat berlatih musik.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Tampil di depan umum, menunjukkan performance dalam bermain musik dapat membuat anak terbiasa untuk berhadapan dengan orang banyak. Hal ini melatih kepercayaan dirinya. Apabila seorang anak merasa memiliki kelebihan dalam keterampilan bermain musik, ia akan lebih berani untuk menunjukkan potensi yang lainnnya.

  • Memperkenalkan anak pada budaya.

Melalui musik, anak dapat belajar mengenai budaya bangsa. saat mempelajari lagu-lagu tradisional, alat musik tradisional, anak belajar untuk mencintai bangsa Indonesia.

Save

 
    Calendar icon March 6, 2017 Category icon News

Share