Home   Article   Yuk Jadi Penulis! “Menulis yang Disenangi, Menyenangi Menulis”

Yuk Jadi Penulis! “Menulis yang Disenangi, Menyenangi Menulis”

mind map yuk jadi penulis

“Menulis? Menulis apa ya? Ah susah… Aku nggak bisa”

Seringkali pemikiran itu terlintas di benak kita saat diminta untuk menulis. Padahal, menulis itu tidak sesulit yang dibayangkan. Yuk, kita dalami seluk beluk menulis supaya menulis jadi lebih menyenangkan.

Mengapa kita menulis?

Kamu membutuhkan informasi mengenai sesuatu? Cara paling mudah saat ini adalah membuka internet dan menuliskan key word yang ingin dicari. Dalam waktu yang singkat akan tampil banyak informasi yang sebagian besar dalam bentuk tulisan. Coba bayangkan jika tidak ada orang yang menuliskan semuanya itu. Mungkin saat ini kita kesulitan memperoleh pengetahuan. Oleh karena itu kita perlu menulis. Selain itu, menulis membuatmu lebih pintar. Saat menulis, kamu belajar menuangkan ide secara teratur. Menyenangkan bukan?

Apa saja yang dapat ditulis?

Awal yang paling mudah adalah menulis pengalaman pribadi. Percayalah bahwa pengalamanmu mungkin saja bermanfaat bagi orang lain. Ide juga bisa datang dari membaca. Semakin banyak yang kamu baca maka semakin banyak bahan untuk ditulis. Wawasanmu pun semakin luas. Menyenangkan bukan?

Bagaimana cara membuat tulisan?

Menulis itu seperti bercerita. Pada saat menulis, pikirkan bagian yang paling menarik dan jadikan sebagai awal dari tulisanmu. Supaya tulisanmu lebih terstruktur, kamu dapat menggunakan rumus 5 W 1 H yaitu What, Why, When,Where dan How. Dengan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai topik tertentu, kamu pasti sudah menemukan bahan yang akan kamu tuliskan. Mind map juga dapat digunakan untuk menyusun tulisan. Kamu dapat menentukan ide utama kemudian konsep-konsep penjelas. Kamu dapat melihat artikel ini sebagai contoh penggunaan mind map dan juga 5 W 1 H. Mudah dan menyenangkan bukan?

Siapa saja yang bisa jadi penulis?

Bukan hanya orang dewasa, anak seusiamu juga bisa menjadi penulis. Contohnya Nadia, penulis cilik usia 11 tahun yang menjadi pembicara termuda di Frankfurt Book Fair tahun 2015.  Ia menulis sejak usia 4 tahun dan telah menyelesaikan 10 buku. Satu diantaranya bahkan sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Siapa yang mau mengikuti jejak Nadia? Dengan menulis, kamu bisa ke luar negeri dan tentunya kamu akan bangga kalau tulisan kamu dibaca oleh banyak orang. Menyenangkan bukan?

Dimana kamu bisa menampilkan tulisanmu?

Jangan hanya disimpan, tulisanmu dapat dibaca orang.  Kirimkan tulisanmu agar dimuat di majalah. Kamu juga dapat mendekorasi tulisanmu dan memajangnya di mading. Salah satu yang menarik adalah menulis blog di internet. Biasanya blog memiliki tema tertentu, misalnya fashion blog, daily blog dan sebagainya. Tentukan tema yang unik agar blogmu dibaca oleh banyak orang. Melalui blog, kamu dapat melihat berapa orang yang membaca tulisanmu. Kalau sudah lebih mahir, kamu dapat mengirimkan tulisanmu kepada penerbit sehingga menjadi buku. Menyenangkan bukan?

“Menulislah untuk kesenangan. Jangan sampai kamu menjadi terpaksa menulis.

-Suciria Kristiny. Guru BK SDK 2-

 

Share