Home   Article   Alasan Mengapa Harus Hormat dan Taat pada Orangtua:

Alasan Mengapa Harus Hormat dan Taat pada Orangtua:

  1. Perintah Tuhan

Keluaran 20:12 “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.

Menghormati orangtua kita akan mendatangkan berkat dari Tuhan

  1. Tanpa Orangtua Kita Tidak akan Ada di Dunia

Siapa yang melahirkan kita ke dunia? Tentu saja mama kita. Papa kita juga turut membantu menjaga dan mendampingi mama kita sampai melahirkan.

  1. Orangtua Memenuhi Kebutuhan Kita

“Pa, aku butuh seragam sekolah.”

“Ma, aku harus membawa bekal untuk sekolah.”

Orangtua kitalah yang menyiapkan semua kebutuhan kita. Bahkan mungkin tanpa kita sadari, mereka berjuang tanpa kenal lelah dan seringkali berkorban.

  1. Orangtua Memberikan pada Kita Perhatian dan Kasih Sayang

Papa mengantarkan kita ke sekolah setiap hari dan menemani saat kita bermain. Mama sering memuji saat kita mendapatkan nilai yang baik di sekolah dan memeluk saat kita sedang sedih. Orangtua kita selalu memberikan perhatian dan kasih sayang tanpa kenal waktu.

  1. Orangtua Mendidik Kita

Siapa yang pertama kali mengajarkan kita untuk berjalan? Mengajarkan kita bahwa berbohong itu adalah hal yang tidak baik. Orangtualah yang mengajarkan kita berbagai macam keterampilan dan pengetahuan yang kita butuhkan. Lebih dari itu, orangtua jugalah yang menanamkan kepada kita nilai-nilai yang baik dalam kehidupan.

  1. Orangtua Kita Layak Mendapatkan Hormat dari Anaknya

Mungkin kita berpikir bahwa orangtua kita adalah orangtua yang kurang baik. Orangtua teman-teman kita mungkin terlihat lebih baik dari orangtua kita. Tapi sesungguhnya, orangtua kita adalah yang terbaik yang Tuhan berikan kepada kita. Mereka adalah orang yang ditunjuk Tuhan untuk membesarkan dan merawat kita. Orangtua kita layak mendapatkan hormat dan taat dari anaknya.

  1. Orangtua Mendoakan Kita

“Di doa ibuku, namaku disebut. Di doa ibu ku dengar ada namaku disebut.”

Itu adalah potongan lagu yang menunjukkan betapa orangtua selalu mendoakan semua yang terbaik untuk kita. Saat kita akan menghadapi ulangan atau ujian, orangtua tidak henti-hentinya mengiringi kita dengan doa.

 

-Suciria. BK SDK 2-

 

 

 

 

 

 

Share